semar mendem


semar mendem adalah jajanan yang ciamik sejak saya kecil, tidak ada perbedaan bentuk antara semar mendem dan lemper, sama sama terbuat dari ketan yang diisi daging, baik ayam maupun sapi...bedanya hanya pada bungkusnya saja, jika lemper dibungkus dengan daun pisang -meskipun akhir akhir ini dibungkus dengan plastik hijau :( , sedangkan semar mendem dibungkus dengan dadar telor :)
maka saya pikir kedua kue ini bisa menjadi contoh yang paling sempurna pepatah "don't judge the book from it's cover" :D karena meskipun covernya beda, isinya plek sama :)


saya sendiri bukan ahli kuliner, tapi menurut saya, ada hal hal yang dapat mengurangi nilai rasa semar mendem, pertama tentu saja isi dagingnya, kalo cuma seipret dan terletak tepat di tengah, dan kita terpaksa menebak nebak sambil menggigit kapankah si daging akan tampil :) jelas ini mengurangi nilai pertama. kedua adalah ketannya, apakah terlalu mentah, atau mbelenyek atau terlalu matang, dan juga apakah kegurihannya karena prosedur bumbu dan pengukusan sempurna atau karena tambahan penyedap yang ndak jelas. maka ketan adalah faktor penentu nomer dua. terakhir tentu saja dadar telurnya. penilaian pada dadar telur termasuk pada ketebalan dadar, rasa telurnya lebih dominan atau tepung yang cebleh lebih terasa, dan kelembutan dari telur yang saya yakin telah dibubuhi bumbu :)
maka jika ketiga hal itu bisa sempurna, sempurnalah si semar mendem ini :)

tapi buat saya pribadi, semar mendem ini memiliki kenangan yang tidak terlupakan, jika saya ditanya semar mendem terenak yang pernah saya makan, maka jawabannya adalah buatan ibu teman saya ketika saya masih piyek :) yang saya tahu, ibu teman saya ini selalu membuat kue dalam jumlah banyak, dan yang saya tidak ketahui adalah apakah itu dibuat untuk pesanan atau memang selalu membuat untuk dijual :)

yang jelas setiap saya bermain ke rumah teman saya, dan ketika si ibu keluar dan berkata : "anak anak mau kue?..." maka saya biasanya langsung berdoa dalam hati :) semoga kue yang akan disajikan adalah semar mendem :)

ingin mencoba semar mendem? jika anda berada di surabaya, datang saja ke supermaket bilka atau bonnet, di kedua tempat ini ada tempat penjualan kue yang lumayan ciamik soro menurut saya :)