rujak sumenep

pernah melihat bentuknya rujak madura? atau lebih tepatnya  rujak sumenep?
nah ini hasil mudik, dan saya sempat memotret rujak sumenep yang wajib di beli kalau saya sedang pulang ke rumah nenek saya...

nah rujak sumenep ini adalah rujak yang memang di sebut rojak [rojhәk],
yang lain lagi adalah rojak dulit [rojhәk dhulit] dengan penjelasan sebagai berikut : rojak dulit dibuat dengan bumbu petis, cabe dan air saja, ditolet begitu saja, karena dulit itu kan artinya colek.... nah kalau bumbu ini akan di gunakan ke sayuran ya cuma itu saja, kalo untuk buah biasanya ditambah gula jawa sedikit.
sebagai catatan : petis yang di gunakan ya petis ikan bukan petis udang yang berwarna hitam itu...



kembali ke rujak...yang ini yang fotonya saya pasang...
bumbu rujaknya terbuat dari  : petis, pisang batu (kalau saya pribadi sih ndak pake demi kepraktisan), kacang goreng, sedikit cuka dan gula, kalo mau irit petisnya sedikit, tapi di tambah garam...


bumbu rujak ini akan di sajikan dengan : lontong (di beberapa tempat dengan menggunakan ketupat), timun, sayuran berupa cambah dan daun kangkung, singkong rebus yang di potong kecil kecil dan juga keripik singkong...itu yang wajib, biasanya terjadi penambahan berupa jambu monyet, kedondong dan mangga tergantung musim...

kalau saya sih biasanya spesial request...cuma minta timun yang di cacah, sayur dan keripik, dengan bumbunya banyak, kalau di tanya kenapa? karena biasanya saya akan menambahkan nasi pada rujak itu...dan rasanya lezaaaatttttt...

mau coba? yuuuuuk ke madura....sumenep lebih tepatnya :)