gudeg resto

di kisaran tahun 2000an, syahdan di batam, di kompleks perumahan villa kota mas, terdapatlah sebuah restoran bernama "gudeg resto" jelas terlihat apa yang di jual. makanan khas jawa tengah, gudeg, yang saat itu agak sulit dicari di batam, maka kesanalah kami, saya dan suami menuntaskan kerinduan akan kuliner tanah jawa...

tapi yang menarik hati disana itu, menurut saya dan suami justru bukan gudegnya, karena gudeg ya begitulah rasanya, maka menu menu favorit kami jika disana adalah :

minuman : pasti air secang, yang terasa rempah rempahnya dan hangat, dengan catatan harus dipesan saat batam sedang dingin dinginnya, karena berhari hari turun hujan, kalo pas panas, wah ya terimakasih lah :)

makanan : saya kadang memesan gudeg, tapi kadang memesan sop buntut bakar atau kadang rujak weleri, dan suami? oh kewajiban dia hanyalah "oseng oseng mercon"

kenapa rujak weleri istimewa? karena rasanya mirip dengan rujak madura cuma agak kecut karena campuran cuka (sepertinya) jadi segerrrrr :))


kalau sop buntut bakarnya, manisnya pas, bumbunya tajem dan oh sambil mengunyah buntut sesekali dihiruplah kuah sop yang juga kut disajikan :) menyenangkan mengenakkan dan memanjakan lidah :))



lalu bagai mana dengan oseng merconnya? nah ini suami yang bisa menjelaskan, yang jelas ceker dipadu dengan jeroan dan bumbu pedas itu ciamik soro kata suami saya :) dan saya suka memandangi suami yang dengan lahapnya menyantap oseng mercon sambil menyeka keringat yang menitik satu satu :))



lalu anda tertarik ke batam? ndayoh ke rumah saya? dan berharap mendapat traktiran ini semua? maka jawabannya, mohon mangap, karena resto ini sudah tutup, dan tulisan ini bukan ingin meng-iming2i namun hanya sebagai informasi, bahwa di batam, pernah ada tempat kuliner dengan sajian masakan jawa dan haucek soro :)